.post-body img {padding:15px; background:#FFF; -moz-transition: all 1s; -webkit-transition: all 1s; -o-transition: all 1s;}
Berikut ini merupakan wisata geologi (Fakta Unik) diberbagai negara dunia, dimana masing-masing negara melihat dan melindungi kondisi geologi pada wilayahnya sehingga dapat dijadikan objek wisata yang tidak ada duanya, baik itu wisata alam dan wisata ilmiah.

Objek Wisata Geologi (Fakta Unik) ini umumnya hanya terdapat di suatu tempat saja dan tidak dapat di duplikat di tempat manapun karena bersifat setempat. Wisata ini mengutamakan keindahan alam dari hasil proses geologi sebagai daya tarik utamanya. Objek Wisata Geologi (Fakta Unik) yang akan saya bagikan ini tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia

Bleduk Kuwu (Indonesia)



Bleduk Kuwu (Fakta Unik – Indonesia) adalah objek wisata Geologi yang berada di daerah Jawa tengah tepatnya di desa Kuwu kecamatan keradenan Kabupaten Grobogan berupa Letupan lumpur yang menyembul dari dalam tanah setiap 2 sampai 3 menit sekali.

Objek wisata Bleduk Kuwu menurut ilmu geologi terjadi akibat adanya aktifitas perut bumi yang mengeluarkan panas berupa gas metana yang membawa larutan yang mengandung mineral-mineral keatas bumi.Kejadian tersebut menyebabkan Lumpur hasil dari letupan bleduk kuwu banyak mengandung garam yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat garam atau bleng yaitu sejenis borak yang berasal dari campuran mineral garam konsentrasi tinggi.

Satu yang istimewa, menurut masyarat sekitar lumpur dari hasil letupan bleduk kuwu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit kulit.

Bisa kita bayangkan keajaiban ilahi ini tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat, objek wisata bleduk kuwu di daerah grobogan ini tidak mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat, padahal jika di kelola lebih baik lagi mungkin akan menjadi wisata andalan Indonesia dan tidak lain menjadi sumber penghasilan bagi daerah setempat dan bisa menjadi modal kehidupan bagi masyarakat sekitarnya.


Api Abadi Bekucuk dan Api Tak Kunjung Padam (Indonesia)


Selanjutnya adalah Api Abadi Bekucuk adalah api yang tak pernah padam yang letaknya berada di dusun bekucuk, desa tempuran, mojokerto. Sumber api yang berasal dari sebuah sumur yang berkobar tanpa henti tersebut ditemukan pada tahun 1993.

Agar bisa menikmati keindahan fenomena alam Sumur Api (Fakta Unik) ini ada baiknya dilihat ketika hari menjelang petang dimana keindahan semburan apinya bisa menerangi gelapnya malam dan saat itu moment mengesankan yang tidak boleh kita lewati jika berkunjung kesana.

Selain Api Abadi Bekucuk yang terletak di mojokerto , di daerah Pamekasan – Madura ini juga terdapat objek wisata serupa yang diberi nama Api Tak Kunjung Padam (Fakta Unik). Api Tak Kunjung Padam yang tepatnya berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tianakan ini merupakan fenomena alam yang sumber api yang menyala tanpa henti dan tak pernah padam walaupun turun hujan. Walaupun padam oleh hujan yang sangat lebat atau hujan badai sekalipun api tersebut akan kembali menyala jikalau air sudah mulai terlihat habis di sekitarnya.



Antelope Canyon, Arizona (Amerika)

Objek wisata ini terdapat di Arizona, Amerika Serikat. Antelope Canyon merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan lekukan-lekukan batuan yang telah tekikis oleh erosi aliran air yang menimbulkan kesan sangat indah pada semua dinding-dinding batuannya. Sungguh sangat indah dan unik terlihat oleh mata kita.



Dinding vertikal dari Antelope Canyon mampu memantulkan dan mengubah cahaya dari sinar matahari dan bayangan dari ngarai itu sendiri sehingga memberikan kesan yang sangat indah dan sulit untuk di lupakan oleh siapa saja menyaksikannya secara langsung.


Valley of the Moon (Argentina)

Objek Wisata geologis selanjutnya adalah Valley of the Moon sebuah tempat terpencil di ArgentinaTerletak sekitar 300 kilometer dari ibukota San Juan. Lebih dikenal sebagai Valle de la Luna (Valley of the Moon). Memiliki formasi clay yang aneh, dengan berbagai macam warna, bentuk dan berbagai lapisan mineral dan sedimen, memberikan sekilas dari evolusi bumi dalam periode Triassic. Satu keindahan alam yang luar biasa.



Ketika mengunjungi Valle de la Luna, kita seakan bisa melihat masa lalu Planet Bumi dari tempat ini dan dikelilingi oleh pemandangan seperti sedang berada dalam mimpi. Sungguh sanggat mempesona dan wajib dikunjungi sebagai objek wisata alam yang cukup menarik dan fenomena.


Niagara Falls (Kanada)

Air terjun Niagara ini terdapat diantara Amerika Serikat dan Kanada. Air terjun ini dapat di lihat dari kedua sisi negara tersebut. Namun sisi terbaik dan terindah untuk melihat air terjun Niagara ini adalah dari sisi Kanada.



Air terjun Niagara ini bukan merupakan air terjun tertinggi maupun terlebar di dunia. Lebar air terjun ini berkisar 1060 feet dengan ketinggian 176 feet, namun keindahan dari air terjun ini mampu menarik wisatawan untuk melihatnya. Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah panorama yang disajikan sangat indah.


Blue Lake Cave, Brazil

Blue Lake Cave terletak di Chapada Diamantina Taman Nasional merupakan negara bagian Bahia, sekitar 400 kilometer dari Salvador, ibukota Bahia. 




Merupakan kolam cekung raksasa yang terdapat dalam Gua dan mempunyai air yang sangat jernih. Ketika sinar matahari masuk melalui celah-celah dan menciptakan sebuah refleksi biru di atas air ini merupakan kenampakan alam yang sangat luar biasa. Gua itu sendiri memiliki dalam, 328 kaki (100 meter), dan bagian dalam danau memiliki kedalaman sekitar 295 kaki (90 meter)


Danxia landform, (China)



The Danxia ditemukan di sebelah tenggara dan barat daya China yang terdiri dari perlapisan yang berwarna merah ditandai dengan tebing curam. Merupakan jenis geomorfologi yang unik yang ditemukan di Cina. Danxia terbentuk dari batupasir berwarna merah dan konglomerat usia sebagian besar Kapur. Bentang alam terlihat seperti topografi karst yang terbentuk oleh batugamping, tapi karena batuan yang membentuk Danxia adalah batupasir dan konglomerat, mereka disebut bentang alam "pseudo-karst".


Crystal Cave of the Giants (Meksiko)

Crystal Cave of the Giants terletak di Meksiko. Lebih kenal dengan “the Sistine Chapel of crystals”, Caverns ditemukan selama operasi penambangan. Kristal-kristal ini memiliki besar 4 kaki (1,2 m) dengan diameter dan 50 kaki (15 m).



Balok-balok kristal itu terbentuk di kedalaman 290 meter di bawah permukaan tanah. Crystal Cave of the Giants terbentuk saat air yang dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi kemudian mendingin dan bercampur dengan gipsum. Sejalan dengan waktu, kristal ini kemudian terbentuk akibat dari air tersebut.


Giants Causeway (Irlandia)



Giants Causeway terletak di pantai utara-timur Irlandia Utara merupakan hasil dari reaksi vulkanik pada saat gunung berapi kuno meletus yang meliputi area seluas 40.000 yang kebanyakan bentuknya adalah hexagonal, yang tertinggi ada 12 meter-an terdiri dari potongan kolom-kolom.


The Great Blue Hole (Belize)

The Great Blue Hole terletak di Belize City. Lubang laut ini diperkirakan merupakan lubang laut terbesar di dunia yang memiliki kedalaman sekitar 125 meter dengan diameter lubang sekitar 300 meter.



Great Blue Hole merupakan hasil dari runtuhan yang berulang-ulang dari suatu sistem gua. Kedalaman lubang ini menimbulkan warna biru yang menyebabkan lubang ini disebut lubang biru. Great Blue Hole merupakan salah satu tempat menyelam (diving) paling menakjubkan di dunia. Pada bagian dalam lubang terdapat stalaktit-stalaktit yang menambah keidahannya.


Wulingyan-Hunan (China)



Tempat wisata Wulingyan, Hunan, China terdiri dari lebih 3000 karsts dan terdapat pemandangan air terjun dan beberapa gua karsts terbesar di Asia. Daerah ini menawarkan pemandangan yang dramatis. Dan konon tempat ini sudah pernah di masukkan sebagai salah satu insfirasi berbagai film-film animasi hollywood.


Chocolate Hills(Filipina)

Chocolate Hills atau Bukit Cokelat berlokasi di Bohol, Filipina. Terdapat lebih dari 1.2068 bukit berbentuk kerucut sempurna dan diperkirakan tersebar di area seluas lebih dari 50 km persegi.


Objek wisata (Fakta Unik) ini merupakan contoh topografi karst berbentuk kerucut, yang terbentuk dari sejenis batugamping yang tererosi dan menyatu dengan lapisan clay yang mengeras di bawahnya, indah sekali... !!

Demikian sebagian keindahan alam yang unik yang dikumpulkan oleh Fakta Unik dari berbagai negara untuk layak kita baca dan kita nikmati selanjutnya menjadi target bagi kita berkunjung ke tempat-tempat yang sudah kami rangkum diatas. Salam Fakta Unik dan salam indah alam semesta.... !!!
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!